Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Tentu Anda sudah mengetahui bahwa air putih sangat baik untuk kesehatan. Namun, manfaat air putih untuk tubuh ternyata tidak hanya berkaitan dengan kesehatan ginjal. Ragam manfaat lain dari air putih, dalam melumasi sendi hingga menjaga kesehatan otak pun bisa kita dapatkan.

Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Zat yang terkandung dalam air memiliki fungsi besar untuk tubuh misalnya untuk membuang racun dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, dan membantu fungsi otak. Berikut ini beberapa manfaat lain dari mengonsumsi air putih untuk kesehatan tubuh:

5 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan

  • Membantu ginjal bekerja dengan baik

Cairan tubuh mengangkut produk limbah keluar masuk sel. Racun utama di dalam tubuh adalah urea nitrogen darah, limbah yang dapat larut dalam air dan dapat dikeluarkan oleh ginjal melalui urine.

Oleh karena itu, dengan meminum cukup air putih, kamu dapat membuat ginjal membersihkan dan membebaskan tubuh dari racun. Ketika kamu mengonsumsi cukup air, urine akan mengalir dengan lancar.

  • Menjaga tekanan darah

Jika tubuh kekurangan cairan, maka dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi rendah. Hal ini dapat membuat darah mengental dan mempengaruhi kesehatan. Menurut informasi dari laman Alodokter, tekanan darah normal berkisar antara 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Sistem metabolisme tubuh yang baik akan membantu mengeluarkan zat-zat beracun dalam tubuh melalui urin, tinja, dan juga keringat.

  • Memengaruhi tingkat kerja dan fungsi otak

Tubuh yang terhidrasi dengan baik sangat berpengaruh terhadap energi dan fungsi otak. Penelitan menunjukkan, tubuh yang dehidrasi walaupun hanya sedikit dapat merusak fungsi otak.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Sering terjadinya konstipasi atau masalah buang air besar selain karena kurang serat juga disebabkan kurangnya cairan di dalam tubuh. Padahal, air memiliki peran penting untuk membuang kotoran yang menumpuk di pencernaan melalui feses.

  • Membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, maka tak mudah membuang limbah dan racun dari dalam tubuh. Air membantu ginjal menyaring racun. Saat tubuh Anda mengalami dehidrasi, ginjal menahan cairan itu. Dehidrasi juga bisa menyebabkan sembelit. Padahal, air membantu pergerakan tinja dengan melunakkannya.